Breaking News Lahat

Konflik Berkepanjangan Cik Ujang Minta Tolong Presiden

Lahat, Meteorsumatera

Untuk menyelesaikan konflik lahan yang berkepanjangan antara PT Artha Prigel dengan mayarakat Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang Lahat.
Jalan akhirnya Bupati Lahat Cik Ujang SH, meminta pertolongan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, untuk membantu menyelesaikan permasalahan sengketa lahan tersebut.

“Kepada Bapak Presiden, tolong. Persoalan ini sudah berlangsung lama. Sebelumnya belum ada kejadian yang menimbulkan korban jiwa, hari ini dua warga kita meninggal,” tegas Cik Ujang, saat membesuk Sumarlin (38) korban kubu warga di IGD RSUD Lahat, Sabtu 21 Maret 2020 kemarin.

Cik Ujang mengatakan, dari pandangannya konflik ini hanya merugikan warga. Selain warga telah kehilangan lahan, warga desa juga yang susah. Dari kejadian ini terlihat warga desa yang di adu oleh perusahaan yang merupakan orang luar.

“Untuk warga Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang untuk bersabar. Jangan sampai bertindak sendiri, kita akan berupaya menyelesiakan ini, jangan sampai ada korban lagi. Ini warga saya, bagaimanapun saya akan membela warga saya,” ucap Cik Ujang.

Sementara itu, Ardi kerabat Sumarlin menuturkan, kejadian itu berlangsung cepat. Hanya saja saat pertikaian terjadi, kerabatnya itu dilukai dari belakang oleh pihak perusahaan, bukan dari depan.

“Mereka seperti orang bayaran, alias preman berpakaian satpam. Kerabat saya ini ditikam dari belakang,” katanya singkat. (BI/Kominfo Lahat)