Breaking News Lahat

Darurat Covid-19, Bupati Lahat Himbau Tidak Menggelar Resepsi Pernikahan

Lahat, Meteorsumatera

Bupati Lahat Cik Ujang SH menghimbau sekaligus meminta pengertian bagi para perantau dari Lahat, baik yang di dalam maupun luar negeri, untuk sementara jangan pulang kampung untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau sering disebut Virus Corona tersebut.

“Kita minta dan mohon pengertianya untuk warga Lahat yang saat ini merantau baik di dalam maupun luar negeri bisa menahan rindu untuk pulang ke kampung halaman untuk sementara waktu lagi maraknya penyebaran pandemi ini,”terangnya.

Ini untuk mencegah penularan Covid-19,”pinta Cik Ujang, usai memimpin apel gugus depan penanggulagan Covid-19 di halaman parkir Pemkab Lahat, Kamis 26 Maret 2020 kemarin.

Langkah tidak pulang kampung terlebih dahulu juga untuk menyelamatkan sanak keluarga yang ada di kampung halaman, bukan berarti saya melarang ini hanya sementara waktu karena sekarang kita lagi tanggap darurat virus asal Wuhan Tiongkok itu, setelah masalah nasional ini reda silahkan datang ke Kabupaten yang kita cintai ini, tutur Bupati.

Penyebaran Virus Corona ini sangat luar biasa di Indonesia sendiri berdasarkan data Kamis 26 Maret 2020 kemarin tercatat 893 positif, 35 sembuh dan dikabarkan 78 meninggal dunia termasuk seorang warga Sumatera Selatan ini.

Yang saya kuatirkan lanjut Bupati, ketika dalam perjalanan pulang kampung ada yang tertular Covid-19 ini akhirnya menyebar ke sanak keluarga meluas ke orang lain jadi kami harus mengambil kebijakan agar warga yang ada sanak keluarga yang merantau jangan diizinkan untuk pulang kampung, harap Cik Ujang.

Di sisi lain lanjut Cik Ujang, Pemkab Lahat meminta maaf kepada Kabupaten tetangga atau pendatang yang melintasi wilayah Lahat, akan dilakukan penyetopan dan kendaraan akan disemprot termasuk orang yang ada didalam kendaraan tersebut ini semata mata untuk kebaikan bersama serta memutus rantai penyebaran virus ini.

“Dan kepada camat Kades agar aktif berkoordinasi jika memang ada warga yang datang dari luar.

Ini demi kebaikan kita semua dan untuk memerangi Virus Corona.

Saat ini juga kita sampaikan bahwa sudah ada maklumat dari Kapolri untuk tidak menggelar acara yang bisa menimbulkan keramaian termasuk resepsi pernikahan, “jelasnya. (BI)