Percepat Wujudkan Banyuasin Bangkit Dermaga Srimenanti Segera Dibangun

  • Bagikan

Banyuasin, Meteorsumatera – Masyarakat dalam wilayah Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin patut berbangga, Pasalnya Pemkab Banyuasin segera membangun Dermaga di Desa Sri Menanti. Dengan dibabgun dan beroperasibya dermaga tersebut agar wilayah ini dapat dilintasi kendaraan roda empat dan lain sebagainya, sehingga roda perekomian masyarakat pun bisa lebih meningkat. Hal itu salah satu langkah cepat Pemkab Banyuasin dalam mewujudkan program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera 2023.

Rencana Pemerintah Kabupaten Banyuasin akan membangun jembatan guna meningkatkan akses jalan darat menuju pelabuhan penyeberangan Sri Menanti Kecamatan Tanjung Lago– Desa Karang Baru Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin ini dapat suport dari Kementerian Perhubungan RI. Dimana pihak Kemenhub akan menyediakan kapal penyeberangan 200 GT dan menyiapkan anggaran APBN Rp 37 Miliar untuk mewujudkan rencana tersebut.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH menegaskan akan membangun jembatan dan meningkatkan jalan akses menuju pelabuhan penyeberangan Sri Menanti (Tanjung Lago) – Desa Karang Baru (Sumber Marga Telang). “Keberadaan Dermaga ini sangat penting bagi masyarakat setempat dan sekitarnya,” kata Askolani di Ruang Kerjanya, Senin lalu usai menerima kunjungan kerja Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Provinsi Sumsel-Babel, Mangasi Sinaga.

Menurutnya Pemerintah Daerah melihat bahwa intensitas atau volume kegiatan masyarakat di Kecamatan Muara Telang dan Sumber Marga Telang untuk ke Daratan maupun sebaliknya cukup tinggi.

Efek domino ditingkatkannya dermaga ini diharapkan agar terjadi pertumbuhan ekonomi yang signifikan. “Kami nilai memang memiliki potensi ekonomi cukup besar. Selain itu dinilai mampu membantu meringankan beban masyarakat.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Provinsi Sumsel-Babel Mangasi Sinaga membeberkan Kementerian Perhubungan akan melanjutkan pembangunan pelabuhan Sri menanti dan menyediakan kapal penyeberangan 200 gt.

“Dengan dermaga itu nantinya bisa menyeberangkan kendaraan roda 4 dan roda 6. Adapun nanti nilai anggaran pada APBN senilai 37 milyar,” kata Sinaga usai Audiensi bersama Bupati Banyuasin.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Drs. Anthony Liando, M.Si menjelaskan hasil audiensi Bupati Banyuasin dan Pihak Kementerian Perhubungan, pihak Pemkab menyanggupi pembangunan jembatan dan peningkatan akses jalan menuju dermaga pada APBD-P tahun 2019 ini.

“Jika itu terlaksana, Kemenhub merencakan pada tahun 2020 jalur penyeberangan tersebut sudah beroperasi,” kata Anthony Liando. (asta waluyo/ril-Diskominfo/PKP)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *