Disnakertrans Kabupaten OKI Melepas Puluhan Peserta Magang ke- Jepang

  • Bagikan

 

OKI, Meteorsumatera – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi setempat yang bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) D’Sakura, melepas puluhan peserta magang ke Negara Jepang, berpusat di DesaTugu Jaya Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI.

Jumlah peserta Angkatan 03-315 yang dikirim ini berjumlah 12 orang dari Ogan Komering Ilir (OKI), dari 30 orang peserta se – Sumatera yang nantinya akan diberi keterampilan menurut bidangnya masing – masing. yakni bagi Laki – laki akan diberi training teknik dan bagi perempuan juga akan deberikan training dibidang kesehatan.

Adapun yang dimaksud program training tersebut adalah peserta disana belajar kemampuan teknik serta ditempatkan di perusahaan – perusahaan teknik ternama di Jepang agar nantinya kembali ke Indonesia dapat memiliki keterampilan yang akan dikembangkan menjadi potensi sehingga dapat memperbaiki ekonomi keluarga dan ekonomi daerah tentunya, “jelas Ketua LPK D’Sakura, Didik Prambudi pada momen tersebut, Senin (15/7).

Lanjutnya, Kemudian yang diperoleh para peserta dari program ini selama di Jepang salah satunya ialah tunjangan per-bulan kurang lebih sebesar Rp.15 juta/orang belum termasuk lembur artinya bisa lebih, kemudian peserta dilengkapi dengan Asuransi kesehatan dan Asuransi kecelakaan kerja.

Dan tidak hanya itu, “katanya peserta juga sudah disiapkan asrama, tiket gratis pesawat ke jepang bahkan setelah pulang dari jepang peserta ini nanti akan mendapatkan bantuan usaha mandiri dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagai modal usaha mandiri dan dana pensiun atau dana tunjangan hari tua dari Pemerintah Jepang.

Sementara, Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten OKI, Tohiryanto mengatakan, Pemerintah kabupaten ogan komering ilir sangat mengapresiasi pelaksanaan magang di Jepang ini.

“Ya tentunya dengan ilmu – ilmu yang diperoleh para peserta, dengan pengalaman pengalaman dan juga akan membawa hasil dana dari jepang menjadi bekal yang akan dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja lokal sehingga dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia dan tentunya di Kabupaten, itu harapan daripada Pemerintah, “tegasnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Tugu Jaya Kecamatan Lempuing Kab.OKI, Mulyanto menambahkan, Program Pemerintah melalui Dinas Tenagakerja ini sangat Positif karena disini para peserta bisa menimba ilmu dan pengalaman langsung dari Negeri Sakura (Jepang) ini sehingga mereka bisa menjadi tenaga kerja yang terlatih.

“Jadi selain diberi ilmu pengetahuan peserta nantinya juga mendapatkan penghasilan yang lumayan besar disana, kita sebagai Pemerintah Desa patut mengapresiasi dan sangat mendukung program tersebut yang tujuanya dapat mengurangi angka pengangguran, “singkatnya (Gani)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *