Jalan H.Syukur.AR Dipenuhi Tumpukan Sampah Berbau

  • Bagikan

Banyuasin, Meteorsumatera – Warga yang berdomisili RT. 09, Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan mengeluhkan banyaknya tumpukan sampah bahkan dibiatkan berserakan di sepanjang jalan H.Syukur. AR. Sampah plastik juga dari rumah tangga itu menyumbat aliran parit yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Dampak sampah yang berserakan itu, selain menghambat aliran air, juga menimbulkan aroma berbau busuk yang menyengat. Hal ini menimbulkan keresahan di masyarakat baik masyarakat pengguna jalan dan terparah yang bermukim dikawasan itu, jika masalah itu tidak segera diatasi akan berdampak pada kesehatan masyarakat.

Surya (50) seorang warga yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari lokasi tumpukan sampah kepada wartawan mengatakan, dari hari ke hari volume sampah di parit jalan H.Syukur.AR itu terus bertambah, lantaran banyaknya orang yang membuang sampah di tempat itu. Padahal menurutnya, dilokasi sudah terpasang tulisan larangan membuang sampah. Tetapi larangan membuang sampai itu tak ada artinya sama sekali, sebab setiap hari orang yang melintas di jalan tersebut yang mengunakan kendaraan roda empat dan roda dua sengaja membuang sampah berbungkus plastik, katanya.

Lebih lanjut Surya mengatakan, dirinya dan warga sekitarlah yang menjadi korbannya, sebab, saat datang musim hujan sampah itu mengeluarkan aroma busuk sangat terasa menyengat.

“Kami takut jika masalah ini tidak segera diatasi, tumpukan sampah itu akan membawa bibit penyakit bagi kami yang bermukim disini. Karena itu kami berharap warga memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah di sepanjang saluran parit jalan H. Syukur. AR ini, ” harapnya.

Sementara itu, Hadi (35) warga kelurahan Sukajadi yang dimintai komentarnya oleh media ini saat melintas di jalan H. Syukur mengatakan dirinya sangat prihatin melihat lokasi tumpukan sampah tersebut. Menurutnya, masyarakat harus berprilaku bijak untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Banyuasin No.22 Tahun 2012 tentang pengelolahan sampah.

“Untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di jalan H.Syukur.AR maupun sampah di tempat lain, hal ini tentunya Pemerintah serta Masyarakat untuk mengambil langkah dan tindakan serius sebagai solusi untuk dapat menyediakan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) khususnya di wilayah Kecamatan Talang kelapa agar sampah Plastik sampah dari rumah tangga maupun sampah dari perumahan dapat dilakukan secara komprehensif dan terpadu. Jika hal ini dilakukan maka dapat memberikan manfaat bagi daerah sehingga warga dapat merasakan hidup sehat aman di lingkungan, serta dapat mengubah prilaku Masyarakat secara proporsional efiktif dan efisien, serta dapat meningkatkan kesehatan masyarakat menjadikan sampah sebagai sumber daya bermanfaat,” katanya.

Ditambahkannya, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, tentunya juga menjadi tanggung jawab bersama. Karena itu masyarakat juga harus dapat menjaga kelestarian lingkungan dapat mentaati tidak membuang sampah sembarang, kemungkinan besar sampah -sampah yang terlalu banyak menumpuk terlalu lama berserakan dapat mengeluarkan zat berbahaya, lalu timbul jentik DBD serta dapat merusak lingkungan.(wal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *