Ruas Jalintimsum Palembang-Jambi Dibiarkan Rusak?

  • Bagikan

Banyuasin, Meteorsumatera –¬†Kerusakan ruas Jalintimsum Palembang-Jambi kian memprihatinkan. Kalangan pengguna jalan mengeluh kerusakan jalan negara terkesan dibiarkan. Selain bikin capek para pengendara, kemacetan arus kendaraan menjadi pandangan tak elok. Heranya tidak ada akitivitas perbaikan dari pihak terkait. Mungki setelah ada korban jiwa dulu. Walau terlihat ada perbaikan pun sifatnya hanya sekedar tambal sulam yang kwalitasnya tidak dapat dijamin, ucap Sakrun (41) warga Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin saat bincang dengan wartawan media ini (26/4/2019).

Dijatakanya, seingat saya kerusakan ruas jalintimsum itu sekitar 5 tahun lalu, tapi belum ada perbaikan yang maksimal, wajar jika saat sekarang tambah hancur, ditambah ada galian pipa gas ada dibibir bahu jalan aspal, jadi tambah parah rusaknya.

Akibanya lanjut dia, berdampak pada kemacetan arus lalulintas diruas Jalintimsum Palembang-Jambi mulai dari Kecamatan Talang Kelapa hingga Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin dan diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin dari Kecamatan Babat Supat hingga Kecamatan Tungkal Jaya bikin lelah saja.

Penyebab kemacetan, selain faktor kerusakan ruas jalan juga efek meningkatnya volume berbagai kendaraan yang melintas diruas jalan itu. Jika ada satu saja kendaraan yang rusak atau yang terjebak lubang dijalan itu kemacetan arus lalulintas tak dapat dihindari, imbuhnya.

Untuk itu Sakrun menambahkan, sudah menjadi tradisi masyarakat kita menjelang Hari Raya Idhul Fitri biasanya arus mudik musiman akan melintasi ruas Jalintimsum Palembang-Jambi itu, tapi kalau dalam kondisi ruas jalan masih seperti sekarang ini tentu akan menjadi kendala bagi pemudik. Sedangkan puncak mudik waktunya tak lebih satu bulan lagi. Mudik tahunan itu biasanya menggunakan jasa transpotasi darat Jalintimsum Palembang-Jambi ini.

Pengemudi truk ekspidisi sebut saja Dadang (36) mengaku sedih setiap melintas ruas Jalintimsum Palembang-Jambi, pasti ada saja kerusakan kendaraan yang disopirinya, sudah jalanya rusak ditambah macet tak dapat dihindari, ditambah banyak oknum jalanan yang minta ngemel, kadang uang jalan kami habis tak jelas saja.

“Andai ruas jalan ini bagus,arus kendraan melintas lancar tak jadi masalahlah, sekalipun ada oknum minta di “mel” , ini jalan rusak sepanjangan, lambat sampai tujuan, ditambah pajak jalanan tambah merajalela, belum lagi apes mobil kami rusak dijalan”, keluhnya engan nada kesal.

Dinas PU Banyuasin yang tidak mau disebut namanya dalam berita ini kemarin saat dimibta komentarnya terkait kerusakan ruas Jalintimsum Palembang-Jambi di wilayah Banyuasin dikatakan masalah jalan nasional itu hak Pemetintah Pusat, tetapi kita yang terdampak imbasnya, jawabnya singkat.

Sementara hingga berita ini diterbitkan pihak Balai Besar di Sumatera Selatan pun belum ada yang berhasil untuk diminta konfirmasinya terkait kehancuran ruas Jalintimsum Palembang-Jambi yang kias mensengsarakan perjalanan pengguna jasa jalan darat.

Kasat Lantas Polres Banyuasin AKP Sukiman saat diminta konfirmasinya via whatsApp menjeladakan untuk jalan palembang-Betung saat ini sudah memprihatinkan terutama adalah jalan antara Tanah Mas depan Polsek Talang Kelapa simpang Y dan Jembatan Gasing dengan sepanjang jalan Pasir Putih Sukajadi.

Selanjutnya jalan yang seputaran Sungai Rengit Tugu KB jalan yang menuju arah Betung dari Pangkalan Balai sampai pasar Betung sudah sangat menggangu masyarakat pengguna jalan yang akan melintasi wilayah Talang Kelapa sampai Betung.

Kondisi jalan lubangnya sudah lebar-lebar dan dalam, sehingga banyak kendaraan truk dan trontron yang mengalami patas As dan rodanya. Rusak karena terjebak dengan lubang-lubang besar jadi mohon dengan hormat untuk kepentingan masyarakat pengguna agar Pemerintah dalam hal ini Propinsi dan Penyelenggaran di bidang Pu Pr agar segera untuk melakukan langkah-langkah perbaikan kalau tidak jalan arah Palembang-Betung akan lumpuh, tegas Kasat Lantas Polres Banyuasin beberapa saat yang lalu. (waluyo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *