Nasrullah : Bina Kontraktor Profesional dan Siap Bersaing

  • Bagikan

Palembang, Meteorsumatera – Asosiasi┬áKontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) kota Palembang dibawah kepemimpinan Nasrullah diyakinkan organisasi akan maju dan berkembang di Kota Palembang ini.

Menurut pengusaha muda ini walaupun dirinya baru menjabat 1 Januari 2019 lalu namun dirinya optimis bila didukung oleh pengurus yang baik maka organisasi ini akan maju dan siap bersaing dengan oganisasi serupa lainya.

Tengah Ketua Akbarindo Kota Palembang Nasrullah, Kanan Ketua Akbarindo Sumsel Hadi Pranoto ST, Sekretaris Akbarinda Kota Palembang Endang Bunyamin SH.

“Anggota kontraktor yang tergabung akan dibina menjadi kontraktor beradab dan profesional,” ujar Nasrullah saat gelar konferensi pers di Pempek Beringin resto Jalan Harun Sohar, Sabtu (30/3). Pukul 15.00 Wib. Terang Nasrullah didampingi Ketua Akbarindo Sumsel Hadi Pranoto ST, Sekretaris dan Bendahara Akbarindo Kota Palembang Endang Bunyamin SH dan Abi Kaswani serta pengurus lainnya.

Pertemuan ini lanjut Nasrullah selain menjalin tali silatuhrahmi antar pengurus serta membahas rencana kerja Akbarindo yang akan datang serta konsolidasi pengurus badan pimpinan Akbarindo kota Palembang periode
periode 2019-2024.

Kedepannya lanjut Nasrullah kita lebih siap, sanggup dan bisa mengerjakan berbagai proyek baik dari pemerintah, mulai level bawah, hingga tender bernilai puluhan milyar,” tegasnya.

Pihaknya juga membahas terkait pelayanan tentang keanggotaan Akbarindo. Terkhusus dalam menerbitkan sertifikat badan usaha seperti SKA, SKT serta mengutamakan kepentingan anggota. “Dalam sistem pelayanan sebisa mungkin prosesnya cepat dan harga yang bersaing,” terangnya.

Senada juga dikatakan Ketua Akbarindo Provinsi Sumatera Selatan, Hadi Pranoto menurutnya kedepan kontraktor profesional yang dihasilkan dari Akbarindo semakin bertambah. Sehingga sertifikat badan usaha, tenaga ahli, hingga perizinan lainnya dari anggota bisa diterbitkan.

“Sekarang anggota Akbarindo di kota Palembang sekitar lebih dari 40 perusahaan dan jumlah di Sumsel ada 70, kita harapkan semakin bertambah,” kata Hadi. Ditargetkan tahun ini akan bertambah 100 badan usaha ikut bergabung di kota Palembang. Sedangkan basis Nasional sudah tersebar di 22 provinsi. Secara keseluruhan tergabung lebih dari 500 perusahaan se-Indonesia.

Akbarindo melayani penerbitan sertifikat badan usaha umum meliputi sipil, bangunan gedung, spesialis, mekanikal elektrikal dan tenaga ahli SKA, SKT. Serta mempunyai lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Seindonesia yang punya LSP cuma tiga (3) organisasi Akbarindo salah satunya, terangnya.

Kendala yang kini dihadapi saat ini lanjut Hadi yakni masalah kelengkapan syarat perizinan. “Kalau sertifikat ada, perizinannya lengkap, pengalaman ada jangankan pemrov Sumsel se-Indonesiapun bisa kita ikut tender,” terangnya.

Kedepan pihaknya akan mengadakan pelatihan tenaga ahli lewat LSP yang diterbitkan oleh BNSP. Melalui ketentuan khusus dengan pelatihan lebih dari 12 bidang. “Minimal 20 orang selama empat hari didukung PUPR sebagai mitra pemerintahan,” tandasnya. (Alex)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *