Sosialisasi dan Penyuluhan PKH Harus Tepat Sasaran

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera – Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Jumat 8/02/2019.

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Camat Sungai Lilin yang diwakili Sekcam Effendi Darojat SH M.Si, Polsek Sungai Lilin di Wakili Kanit Intel Iptu M Prawirakusumah, Korcap PKH Sungai Lilin Ahmad Basori, Pendamping PKH Desa dan Masyarakat calon penerima Program Keluarga Harapan PKH tahun 2019.

Dalam sambutannya Ahmad Basori selaku Pendamping PKH Kecamatan Sungai Lilin didampingi oleh Mahyudin menyampaikan bahwa data perolehan calon penerima PKH berasal dari kementrian Sosial dengan kriteria Lansia, penyandang desabilitas, ibu hamil atau balita, dan mempunyai tanggungan anak sekolah dari SD sampai dengan SLTA.

Saat paparan Ahmad Basori selaku Pendamping PKH untuk Kecamatan Sungai Lilin mengatakan pada tahun 2019 penerima Program Keluarga Harapan Kecamatan Sungai Lilin sebanyak 2280 Kepala Keluarga yang terbagi atas 13 Desa dan 2 kelurahan, paparnya.

Lanjut Ahmad Basori tujuan dari Pemerintah Pusat memberikan program yaitu untuk PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan ini yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan, ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Sungai Lilin Emilya Afriyanita.S.Stp S.E di wakili sekcam Effendi Darojat SH,M.Si Memberikan arahan dan mengucapkan terimakasih program PKH yang harus di laksanakan.

Selain itu di harapkan untuk mendampingi di desa dalam pendataan yang tepat sasaran jangan sampai menimbulkan kecemburuan di masyarakat untuk tetap saling menjaga dan harus tetap berkoordinasi dengan pemerintah desa sehingga dapat lebih tepat sasaran dalam pendataan.

saat memberikan arahan kepada masyarakat,’ Tujuan dari Pemerintah Pusat memberikan program yaitu untuk PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu, Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan.Semoga harapan pemerintah dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan masyarakat dan tepat sasaran,”tegasnya.

Menurut Kapolsek Sungai Lilin diwakili Kanit Intel Iptu M Prawirakusuma menghimbau kepada pendamping PKH agar sesuai arahan dari Polri dan Kemensos, untuk membantu dan mengawal proses pendataan PKH di harapkan dapat saling memberikan informasi apabila ada keluhan – keluhan

dan dapat juga menghubungi melalui Babin Lamtim Polsek Sungai Lilin apabila ada persoalan yang anda di desa -desa bisa untuk saling menjaga dan tidak menimbulkan kekisruhan dan kesalahan pahaman dalam proses pendataannya, tuturnya. (Doyok)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *