Polres Muba Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera – Menyambut perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019, Polres Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan menjelang perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019, dihalaman Polres Muba, Jum’at (21/12/2018).

Apel gelar pasukan operasi “lilin-2018”, yang diselenggarakan secara serentak oleh seluruh jajaran polri mulai dari tingkat Mabes hingga kesatuan kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini sebagai pengecekan akhir kesiapan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya. Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Muba Akbp Andes Purwanti S.E.,M.M. dengan peserta terdiri dari Pleton Polres Muba, Kodim 0401 muba, Dinas Perhubungan, Sat pOol-PP, PBK, BPBD, Dinkes dan Linmas yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan yang ditunjuk.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapolres Muba mengatakan Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional. Realitas ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan.

Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama. Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar.

Soliditas dan sinergisitas yang baik diantara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan. Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, kecuali pada 13 Polda Prioritas I, yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT, dan Papua, dimana kegiatan operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018.

Sebelum menutup amanat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polri, jajaran TNI, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan lainnya, yang selama ini telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Saya berharap, kerjasama dan sinergisitas yang sudah terjalin dengan baik ini, dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Ditempat berbeda usai upacara gelar pasukan Kapolres muba Melalui Kabag Ops Kompol Erwin dalam rangka Ops lilin 2018 kita mengerahkan sebanyak 58 Personel tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang telah kita dirikan dalam ops Lilin 2018 ini, meliputi Pospam di kec. Lais, Pos pam di kec. bayung lincir, pos pam di kec. sanga desa dan Pos pelayanan di Kec. Sungai Lilin. Dan untuk pengamanan pada malam pergantian tahun, kita akan melibatkan seluruh personel untuk melakukan pengamanan dan patroli guna mencegah dan antisipasi terjadinya tindak kriminalitas (Acik/Wah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *