Dinkes Muba Ajak Masyarakat Dukung Germes dan Donor Darah

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera –¬†Kegiatan rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh guna menjalankan aktivitas sehari-hari semua istansi Pemerintah Kecamatan Sungai Lilin melakukan senam sehat setiap hari Jum’at dan di lanjutkan kegiatan sosialisasi Germes dan donor darah oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Jum’at 7/12/2018 di halaman Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Lilin .

Berdasarkan data rutin kesehatan ibu dan anak tahun 2017/2018 penyebab kematian ibu adalah pendarahan sehingga diperlukan adanya sosialisasi Quick Wins program pelayanan darah untuk mencegah angka kematian ibu tersebut.

Camat Sungai Lilin Emilya Afrianta S.stp.M.si mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung adanya program seperti ini, sehingga bisa mencegah angka Kematian bagi ibu saat melahirkan.
tak hanya itu Camat juga mengucapkan terimakasih kepada Dinkes Muba sudah memberikan kepedulian melalui sosialisasi Quick Wins dan Germes pada hari ini (Jum’at – Red) demi membantu mencegah angka tingkat kematian saat melahirkan melalui donor darah.

Harapan kami lanjut Camat, sebagai Pemerintah Kecamatan Sungai Lilin, kegiatan seperti ini patut di dukung dan semoga bukan hari ini saja tapi berkesinambungan, harapnya.

Selain Camat Sungai Lilin hadir juga pihak Dinkes Muba, Kapolsek, Danramil Sungai Lilin, Pimpinan Pukesmas Sungai Lilin, Kepala RSUD Sungai Lilin,TP PKK Kecamatan Sungai Lilin, Korwil Pendidikan Sungai Lilin, Kepala Sekolah dan guru, Lurah Sekecamatan Sungai Lilin sehingga membuat gedung serba guna Sungai Lilin dipenuhi peserta.

Dari Dinas Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kabupaten Muba, Dr. Imelda Marsalena di dampingi oleh Dr Icshan Nurhamdan dan Salim mengatakan, pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan angka kematian ibu. Hal ini dapat lebih mudah dicapai jika semakin banyak pendonor darah yang secara rutin mendonorkan darahnya ke unit transfusi darah (UTD). Ia menyebut Quick Wins program pelayanan darah adalah program untuk mendukung Nawacita di bidang kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu.

Diantaranya dengan meningkatkan akses pelayanan darah yang berkualitas yang dilakukan melalui kerja sama antara pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), UTD, dan rumah sakit,” katanya seperti dalam keterangan yang dikutip Meteorsumatera.com Jum’at (7/12/2018) di gedung serbaguna Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA).

Quick Wins pelayanan darah juga bertujuan untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, bersalin dan nifas, dan juga meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. Kebijakan Quick Wins pelayanan darah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015 /2019 dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 52 Tahun 2015 tentang Rencana Strategi Kementerian Kesehatan Tahun 2015 / 2019.

Ia akan target jumlah puskesmas yang telah bekerjasama melalui dinas kesehatan dengan UTD dan rumah sakit sampai 2019 di wilayah 15 kecamatan Dinas Kesehatan kabupaten Muba telah menandatangani nota kesepahaman dengan pukesmas dan Rumah Sakit untuk bekerjasama dalam pelayanan darah untuk menurunkan angka kematian ibu.

Berharap dengan adanya Quick wins program pelayanan darah ini maka kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah langka dapat dipenuhi. “Program tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi dan menjamin ketersediaan darah secara terus menerus,” katanya. (Doyok)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *