Nekad, Maling 15 Bungkus Rokok Irka Saputra Dipolisikan, Teman Aksinya Berhasil Kabur

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera– Polsek Lais amankan Irka Saputra (24), Alamat Dusun II Desa Teluk Kec Lais Kab. Muba pelaku pencuri Rokok disebuah warung pinggir jalan.

Awal mula kejadian Rabu tanggal 10 Oktober 2018 sekira pukul 19.00 wib di dalam warung milik korban Sri Widarti Binti Rukijan, 68 thn Dusun VI Simpang Gardu Desa Teluk kijing III Kec Lais Kab Muba, telah terjadi tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh Riki yang beralamat kan di Dsn III Desa Teluk (DPO) dengan rekannya Irka Saputra (24) Alamat Dusun II Desa Teluk Kec Lais Kab. Muba.

Adapun modus Operandi yang dilakukan oleh pelaku yaitu dengan menggunakan Sepeda Motor Merk Honda Blade warna Oren tanpa nopol kedua pelaku mendatangi warung milik korban kemudian salah satu dari pelaku masuk ke dalam warung melalui pintu depan dan selanjutnya membuka paksa lemari kaca /etalase yang berisikan rokok hingga rusak, kemudian mengambil rokok sebanyak 15 (lima belas) bungkus, Sedangakan 1 orang pelaku lainnya menunggu dan mengawasi di luar warung.

Akan tetapi pada saat salah seorang pelaku sedang melakukan aksinya membuka paksa lemari kaca/etalase, suami dari sipemilik warung Rustamba mendengar suara berdetak dari dalam warung dan langsung mengintip kedalam warung, saat itu terlihat pelaku sedang mengambil rokok dari dalam lemari kaca yang berhasil dibukanya.

Melihat kejadian kemudian langsung keluar melalui pintu tengah dalam rumah menuju warung sambil berteriak maling.

Pelaku yang aksinya diketahui mencoba melarikan diri, namun dari samling rumah datang Sri Widarti yang ikut mengejar dan memegang jaket salah satu pelaku lalu pelaku berontak dan mencoba melarikan diri.

Akan tetapi dari arah depan rumah telah datang Dei Rizki yang menghadang dan berhasil menangkap pelaku, satu pelaku berhasil diamankan, namun satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri dengan mengendarai sepeda motor Merk Honda Blade warna Oren tanpa nopol.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebanyak 15 (lima belas) bungkus rokok atau seharga Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Selanjutnya pelaku yang telah tertangkap dibawa ke pos Polisi Simpang gardu untuk diamankan.

Kapolres Muba Akbp Andes Purwanti S.E., M.M melalui Kapolsek Lais Akp Edy Siregar menuturkan “Benar kita tadi mlm telah mengamankan pelaku pencurian dengan pemberatan sebelum diamankan pelaku dijemput oleh Kanit Reskrim beserta 4 anggota Polsek Lais, yang mana sebelumnya pelaku telah dibawa oleh masyarakat ke Pos Polisi Simpang Gardu Lais.”

“Berdasarkan dari pengakuan pelaku, mereka mengambil rokok tersebut untuk dijual kembali, dan dari hasil menjual rokok tersebut akan belikan minuman tuak oleh kedua pelaku untuk merka minum.”

“Untuk mempertangung jawabkan perbuatannya pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Lais guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, dan pasal yang diterapkan kepada pelaku yaitu pasal 363 ayat (1) ke-3, 4 dan 5 KUHP dengan ancaman kurungan maksimal Sembilan tahun penjara.“ Ujar Kapolsek Lais. (Acik/Wah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *