Tahun Ini Semua Kegiatan Lomba 17-an Terpusat di Lapangan Fasos

Tampak salah satu kegiatan lomba Gerak Jalan Indah Beregu saat melakukan Variasi di depan mimbar panggung utama kehormatan yang dihadiri unsus Trifika Kecamatan Lawang Kidul di Lapangan Fasos Tanjung Enim.

MUARA ENIM, Meteorsumatera – Ada yang beda dalam penyelenggaraan kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73 tahun 2018 ini, dimana biasanya untuk kegiatan lomba baik itu Gerak Jalan Indah Beregu,Gerak Jalan Pramuka, dan Karnaval selalu finish di lokasi Pasar Baru Bantingan, namun kali in lokasi garis finish di Alun-alun Lapangan Fasilitas Sosial (Fasos) Ex Sentral PTBA Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim.

Menurut Ketua panitia sesi lomba Gerak Jalan dan Karnaval, Syarnubi Spd, hal itu dilakukan untuk menghidari kemacetan parah dan lama yang acap kali terjadi disetiap penyelenggaraan setiap tahunnya,  hingga menimbulkan ketidak nyamanan bagi pengguna jalan yang akan melintas di lokasi jalan Pasar Bawah menuju ke arah tambang batubara Bukit Asam, Pemukiman Talang Jawa dan sebaliknya ke arah Pasar Tanjung Enim.

“Ya benar, jadi tahun kita sepakat dengan pihak Kecamatan dan unsur lainnya untuk mencoba rute baru tempat garis finish dan ternyata memang efektif dan tidak terjadi penumpukan peserta yang terlalu lama di badan jalan,” ujarnya.

Ditambahkan Syarnubi, tahun ini juga panitia sesi lomba Gerak Jalan Indah Beregu dan juga perwakilan sekolah yang mengirimkan pesertanya telah sepakat untuk tidak menuliskan atau meneriakkan yel-yel indentitas asal sekolah. Itu dilakukan guna

Salahsatu peserta regu Gerak Jalan Indah saat melakukan Formasi dan Variasi di depan panggung kehormatan di garis finish lapangan Fasos Tanjung Enim.

“Jadi memang kami sengaja pada pelaksanaan tahun ini. Karena dari pengalaman tahun sebelumnya itu masih banyak yang protes dan dianggap curang karena nanti takutnya juri mengetahui asal sekolah tersebut hingga dianggap bisa mempengaruhi penilaian, terlebih bagi sekolah-sekolah yang sudah langganan dalam meraih kemenangan dalam setiap tahun nya, maka nya kita hanya menyebutkan nomor regu/peserta saja,sehingga tahun ini ditiadakan agar tetap terjaga penilaian yang objektif dan profesional, tanpa berat sebelah,”jelasnya.

Untuk jurinya sendiri sebutnya melibatkan dari Kiban Yonif 141 Karang Asam Tanjung Enim Selatan, dari Kecamatan, KUA Lawang Kidul, UPTD BKKBN, dan Koramil. Adapun sistem penilaianhya, mencakup keindahan, kekompakan, keutuhan regu, semangat, dan variasi yang dilaksanakan di mimbar atau dipanggung utama.

“Saya berharap dengan kegiatan seperti ini dapat memacu siswa siswi kita di kecamatan Lawang Kidul khususnya  untuk lebih giat lagi dalam belajar, karena ditangannya lah harapan bangsa,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 6 Lawang Kidul, Hj Juniati Spd MSI saat diminta komentarnya terkait perubahan garis finish dan juga mekanisme perubahan dalam penulisan identitas sekolah sangat mengapresiasi. Artinya kata dia masukan dari perwakilan sekolah kepada panitia penyelenggara di dengar dan di realisasikan, karena di anggap sangat logis dan beralasan demi menjaga netralitas juri dalam melakukan penilaian kepada peserta.

“Jadi tahun ini agak beda, lebih keren dan meriah. Disini masing-masing regu gerak jalan tidak menuliskan nama sekolah dan tidak meneriakan yel-yel yang menunjukan identitas asal sekolah. Khususnya sekolah kami, kita sudah latihan menyiapkan lomba yang akan diikuti sejak bulan Juli, lebih kurang satu bulan yang lalu,”pungkasnya.

Sebelumnya rangkaian terkait lomba 17 san sudah dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara kecamatan Lawang Kidul diantaranya, Pagelaran Musik dengan tajuk “Tanjung Bangkit  Membangun Destinasi Wisata Sumsel” yang telah digelar tanggal 4 Agustus 2018 yang lalu, di Lapangan Fasos PTBA Tanjung Enim, kemudian lomba gerak Jalan Indah Beregu tingkat Sekolah Dasar (SD), Kamis (9/8/2018), dengan rute Start Lapangan SDN 7 dan 8 Talang Jawa – Kantor besar PTBA, Lapangan Tenis – Depan Masjid Jami lalu finis dalam lapangan Fasos Ex Sentral PTBA Tanjung Enim. Lalu Jumat (10/8/2018), Karnaval tingkat PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK), dengan rute Star Lapangan Saringan Samping Kantor Lurah Pasar – Bundaran Air Mancur (BAM) – Koramil/Pasar Bawah dan finish dalam lapangan Fasos Ex Sentral PTBA,

Selanjutnya,  Sabtu (11/8/2018), Lomba Gerak Jalan Indah Beregu tingkat SMP/MTS/SMA/ dan Umum, dilanjut lagi pada hari Senin (13/8/2018), Lomba Gerak Jalan Pramuka tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dengan melalui rute yang sama sepanjang 500 Kilo saat lomba Gerak Jalan Indah sebelumnya, dan Selasa (14/8/2018), lomba Karnaval tingkat SD/MI,SMP/MTS,SMA,SMK,dan Umum dengan rute Start Lapangan Saringan – Dealer Honda – Bedeng Kaca – Bundaran Air Mancur – Koramil dan Finish di Lapangan Fasos Tanjung Enim, serta lomba Panjat Pinang, Jumat (17/8/2018), berlokasi di belakang Fasos pinggir Sungai Enim. Sementara untuk perlombaan Sepak Bola Ceria U-40 an digelar di lapangan bola kaki Saringan, 18-19 Agustus 2018, serta lomba perahu bidar,lomba Rakit dan lomba menjala ikan yang di adakan di Sungai Enim,Kecamatan Lawang Kidul. (HAI)

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *