Desa Mekar Jadi Priolitaskan Drainase dan TPA

MUBA, Meteorsumatera – Pemerintah Desa (Pemdes) Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun 2018 telah mendapatkan kucuran dana bantuan dari Pemerintah Pusat melalui program Dana Desa (ADD) dan Anggaran Dana Desa (APBN) tahun 2018.

Kepala Desa Mekar Jadi melalui Sekdes Budiono mengatakan kepada meteorsumatera.com di ruang kerjanya Selasa (7/8) Dana Desa ini benar-benar kami manfaatkan secara maksimal, dengan fokus melakukan pengembangan infrastruktur desa, khususnya drainase jalan desa serta pembangunan PAUD.

Pembangunan ini bertujuan untuk memperlancar akses transportasi, serta meningkatkan taraf ekonomi warga setempat pak,”yang mayoritas merupakan petani Sawit dan Karet juga mencegah terjadinya banjir di setiap musim penghujan,” terangnya.

Memang, sebelum ada program ADD dan APBN, pembangunan di tingkat desa lamban berjalan, lantaran harus menunggu giliran agar mendapatkan anggaran pembangunan dari APBD yang terbatas nilainya, sekarang dengan adanya program dari pemerintah yang setiap tahunnya dapat kita terima di setiap desa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk membangun Desa sesuai dengan kebutuhan prioritas warga dengan sesuai aturan yang jelas.

Sejak awal dimulainya program ADD dan APBN ini, pihaknya memang fokus melakukan pengembangan selain bidang infrastruktur jalan, juga fokus pada drainase dan pembangunan paud.
Pasalnya, di desa yang kami pimpin tersebut bila musim hujan terjadi banjir, terutama air akibat tersumbat di saluran yang tidak lancar.

Dana yang kita alokasikan untuk drainase sebesar Rp 390,963 000 dan yang lainnya seperti pavingisasi serta pembangunan Paud.

Sekdes Desa Mekar Jadi Budiyono menambahkan, sekarang ini sebagian jalan lingkungan di desa kondisinya sudah baik. Akses transportasi pemukiman maupun akses jalan dari desa keluar desa juga sudah lancar.

Sehingga memudahkan kami untuk melakukan aktifitas apapun dan juga pembangunan drainase yang ada akan pemperlancar air bila musim penghujan, sehingga tidak akan terjadi banjir dan untuk lingkungan yang belum mendapatkan jatah pembanguman tahun depan pasti kita kasih,” kata Sugiono sekdes Desa mekar jadi. (Sudarmanto/Doyok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *