Sadar Wisata, PWI Muara Enim Gelar Karya Bhakti  “Jumat Bersih” di Taman Adipura dan Kolam Retensi

Muara Enim, Meteorsumatera – Tak hanya eksis dalam menciptakan karya tulis, ternyata puluhan jurnalis yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim ,Sumatera Selatan, juga menggelar Karya Bhakti program “Jum’at Bersih” disekitar Taman Adipura dan Kolam Retensi, kota Muara Enim, Jumat, (20/7/2018).

Gotong royong antar profesi kuli tinta ini diselenggarakan dalam upaya mendukung kawasan sadar wisata yang sedang dicanangkan oleh Pemerintah daerah setempat.

Para jurnalis media cetak, online dan elektronik (TV dan Radio) yang mengikuti gotong royong ini sudah hadir sejak jam 7 pagi untuk membersihkan sampah-sampah plastik yang berserakan disekitar Taman. Selain itu, para insan media juga membersihkan sampah yang menggenangi dalam kolam retensi.

Ketua PWI Muara Enim Andi “Regen” Candra mengatakan, program “Jum’at Bersih” merupakan agenda perdana yang mulai digalakkan para pewarta yang bertugas di Bumi Serasan Sekundang.

Menurutnya, wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI akan dibiasakan rutin turun kelapangan membersihkan sejumlah objek-objek pusat keramaian di kota Muara Enim.

“Para wartawan juga ingin bersumbangsi turun langsung kelapangan menciptakan kondisi sadar wisata kepada masyarakat, selama ini wartawan hanya aktif lewat tulisan-tulisan, sekarang kita coba ikut action dan aksi nyata,” kata Andi.

Menurut Andi, sejumlah pewarta di Kabupaten Muara Enim banyak mendapat pelajaran berharga setelah mengikuti kegiatan study banding ke Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan baru-baru ini.

Andi mengatakan para anggotanya begitu takjub melihat kesadaran masyarakat didaerah istimewah tersebut yang komitmen menjaga lingkungan bersih dan asri, sehingga mengundang orang mau datang.

“Nah, kesadaran inilah yang ingin kita bangun, objek-objek pusat keramaian bersih dari sampah-sampah, kondisi inilah yang harus kita contoh dan dilakukan mulai sekarang,” paparnyan.

Lebih lanjut, Andi menambahkan, kawasan yang bersih dan nyaman juga sangat mendukung potensi wisata didaerah. “Sejauh ini, di kabupaten Muara Enim cukup banyak potensi wisata yang layak dikembangkan lebih ,supaya menambah daya tarik wisatawan dari luar,” tutupnya. (HAI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *