Peringati Hari Lahir Pancasila Danramil 401-01 Pimpin Upacara

MUBA, Meteorsumatera – Danramil 401-01 pimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni di lapangan sekolah SMAN 1 Sungai Lilin kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Jum’at (1/6) melakukan upacara.

Upacara Hari lahir Pancasila ke-73 Tahun 2018 ini dimulai pukul 08.20 Wib dan diikuti oleh anggota jajaran TNI dari koramil 401-01, para pelajar, Kepala Sekolah serta guru SMAN 1 Sungai Lilin.

Danramil 401-01 Kapt Inf M Yamin bertindak sebagai inspektur upacara, komandan upacara diisi oleh Dan-up Serda Saiful Fadli anggota Danramil 401-01 Kecamatan Sungai Lilin.

Dalam sambutanya Inspiktur Upacara Kapt Inf M Yamin, menyampaikan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Lanjut Danramil, pada hakekatnya seluruh rakyat Indonesia harus memahami dan mengamalkan Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang mulia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa Kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba ini adalah miniatur Nusantara yang dihuni oleh warga dengan keragaman suku, etnis, adat istiadat, dan agama. Sungai Lilin tetap kondusif, ini tidak lepas dari kebersamaan yang kuat. Ini harus tetap dipertahankan, kata Perwira balok tiga di pundak ini. (Sudarmanto/ Doyok)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *