Tim Gajah Putih “Thailand” Juara U-16 Women

  • Bagikan

PALEMBANG, Meteorsumatera.com Tim Kesebalasan Sepakbola Gajah Putih Thailand dengan belalainya itu telah menghempaskan Myanmar dalam Final Turnamen AFF-16 Women dengan menang tipis 1-0, Minggu (13/5), di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang.

Gol kemenangan tim berjulukan Gajah Putih tersebut dilahirkan melalui Kaki (belalai, red) oleh pemain bernomor punggung 8, yaitu Janista Jinantuya di menit 45 pada babak kedua. Sang Arsitek bernama Narumphon Kaeson, Pelatih Tim Gajah Putih “Thailand” ini mengatakan saat jumpa pers sudah memprediksi timnya akan menjuarai turnamen ini, ujarnya dengan mimik serius, namun ramah dihadapan para wartawan.

Ditambahkannya Sang Arsitek Kesebelasan Tim Gajah Putih, Narumphon Kaeson, karena sebelum ajang ini dimulai seluruh pemain telah dibina sejak lima tahun lalu, bebernya membuka rahasia ramuan strategi jitu untuk menghantarkan Tim Gajah Putih “Thailand” menjuarai U-16 Women di tahun 2018 ini.

Di sisi lain, San San pelatih Myanmar mengakui dengan sportif Tim Kesebalasannya (anak asuhnya, red) banyak membuang peluang, guna menciptakan gol-gol indah ke Jala Gawang Thailand, yang diciptakan di babak pertama maupun kedua, namun dirinya tetap mengapresiasi atas pencapaian para pemainnya. “Target kita memang masuk final, target sudah tercapai, diturnamen selanjutnya kita akan juara,” ujarnya sembari menahan rasa penasaran, dan kekecewaannya.

Pertandingan final ini, yang diselenggarakan di Stadion Bumi Sriwijaya dihadiri oleh Pjs Walikota Palembang, DR. H. Ahmad Najib, dan para jajarannya mempertemukan dua tim kuat yang sama-sama menjadi juara grup. Permainan terbuka, dan jual beli serangan terus terjadi. Myanmar yang turun dengan skuat utama ini terus menggempur pertahanan Thailand yang digalang trio defender Sawitta Attaya dan Suprapon mampu membaca serangan lawan.

Tim Kesebalasan Gajah Putih “Thailand” pun dengan belalainya (kaki-kaki panjang, berjenjang begitu kokoh telah ditempah di Pelatnas lima tahun lalu, red) tidak tinggal diam melalui aksi playmakernya, yaitu Sontisawat pemain bernomor punggung 10 itu kerap merepotkan barisan pertahan Myanmar. Alhasil babak pertama pun dengan skor kacamata.

Babak kedua baru berjalan 45 menit, tepatnya dimenit 45, tusukan striker Thailand, yaituChattaya yang merangsek ke barisan pertahanan Myanmar sebelah kanan, akhirnya mampu merubah kedudukan skor setelah umpannya diselesaikan dengan manis oleh Janista. Bola yang berjalan mulus menuju kesebelah kiri gawang Myanmar yang dikawal oleh Lat Lat Oo, tak mampu dibendung dengan sempurna. Skor 1-0 untuk kemenangan Tim Kesebelasan U-16 Women, Thailand.

Tersengat gol dari Thailand, Myanmar mencoba melakukan serangan bertubi-tubi, namun serangan yang dilakukan oleh pemain Myanmar selalu putus di barisan bek Thailand. Hingga pluit akhir ditiup oleh wasit, skor akhir tetap 1-0 untuk kemenangan Thailand. Dalam even ini, top skor diraih oleh Myat Noe Khin dari Myanmar dengan catatan 9 gol.

Terpisah, Pelatih Thailand Narumphon Kaenson mengatakan, bahwa kemenangan di Turnamen U-16 Women bagi Tim Kesebelasannya Thailand, dia berucap terima kasih atas dukungannya, dan sporter yang sempat hadir di Partai Final di Stadion Bumi Sriwijaya begitu Megah, Indah, dan Nyaman serta Rimbun dikelilingi aneka perpohonan ditengah Jantung Kota Metropolis Palembang, yang kendati penontonnya tidak begitu banyak/sepi (membludak, red), namun even ini terbilang sukses, dan saya pribadi atas nama Negara Kami “Thailand” mengucapkan terima kasih juga kepada tuan rumah Indonesia yang sudah menjadi tuan rumah yang baik, ujarnya dengan suara bergetar penuh keharuan. (Mr.Wancik.AN,BE)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *