Disperindag Buka Pasar Murah di Tungkal Jaya

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera- Mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan menjelang bulan suci Ramadhan 1439 H, Pemeritah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muba bekerjasama dengan TP-PKK Muba secara rutin setiap tahun menggelar pasar murah Sembilan Bahan Pokok (Sembako).

Kali ini gelaran pasar murah Sembako dilaksanakan di Desa Pandan Sari Kecamatan Tungkal Jaya, Minggu (06/05/2018). Ratusan masyarakat dari beberapa desa terlihat sejak pagi mengantri untuk membeli paket sembako yang disediakan diantaranya beras, telur ayam, gula pasir, gandum, susu, mie instan, minyak goreng, margarin dan sirup untuk Persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan mendatang.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan naik turunnya harga sembako di pasaran menjelang bulan suci Ramadhan, Pemkab Muba sengaja mengintervensi pasaran dengan mengelar pasar murah sembako yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat golongan ekonomi kurang mampu untuk membeli bahan pokok makanan dengan murah.

“Ada sembilan bahan pokok yang dijual Pemkab Muba dengan subsidi mencapai 50%, ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk membantu rakyatnya menjelang bulan suci Ramadhan”, ujarnya disambut tepuk tangan meriah setempat.

Beni berpesan kegiatan pasar murah sembako ini agar di manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan berharap ini dapat meringankan beban masyarakat yang lebih membutuhkan.

“Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1439 H, semoga dibulan suci Ramadhan ini kita dapat meningkatkan amal ibadah kita, kepribadian keimanan dan amal saleh kita,” ucapnya.

Mekanisme pelaksanaan Pasar Murah Sembako ini diberikan dengan cara membagikan kupon ke kepada masyarakat yang kurang mampu, selanjutnya masyarakat menukarkan kupon kepada panitia, sehingga masyarakat dapat membeli bahan sembako dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. Adapun komoditi pasar murah sembako dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar dengan kisaran harga 1.500 hingga 5.000 rupiah.

Seperti beras seharusnya 13.000 rupiah perkilogram dijual hanya 8.000 rupiah perkilogram, gula pasir dari 14.000 rupiah menjadi 8.000 rupiah perkilogram, telur ayam dari 22.500 rupiah menjadi 18.000 rupiah perkilogram, dan mie instan dari 2.700 menjadi 1.200 rupiah perbungkus. (Sudarmanto/Doyok)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *