Datangi Tukang Ojek, Sosialisasikan Bahaya Rokok

MUBA, Meteorsumatera- Mensosialisasikan bahaya rokok bagi kesehatan tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan saja. Polres Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan kegiatan lanjutan Baktikes, Rabu (2/5) pukul 09.00 Wib jajaran Polres Muba mengunjungi tiap pangkalan ojek untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan mengenai bahaya merokok bagi kesehatan kepada para tukang ojek yang berlokasi dipangkalan ojek Kayuara Kec. Sekayu Kab. Muba.

Kegiatan di pimpin oleh Aiptu Doni Nopiansyah, SKM Ps Paur Kes Bag Sumda beserta Dokter Mitra Polres Muba dr. Endah Meliza Tasti.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada para masyarakat tentang dampak buruk dari merokok. Dalam penyuluhan tersebut dr. Endah Meliza Tasti menjelaskan kepada para tukang ojek bahwa rokok mengandung berbagai jenis racun seperti Nikotin,Tar, Amonia, Arsenik dan Karbon Monoksida yang berbahaya bagi kesehatan.

Dengan mengetahui kandungan yang terdapat di dalam rokok diharapkan para tukang ojek bisa mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok sebelum zat kimia yang ada didalamnya masuk dan menyabar ke dalam tubuh. Sehingga dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit seperti kanker paru- paru, kanker mulut, kanker nasopharyng, impoten, gangguan pada janin dan katarak.

Setelah memberikan penjelaskan tentang bahaya merokok, para tukang ojek mengajukan pertanyaan salah satunya, “ bagaimana cara untuk berhenti merokok??”.
Cara untuk berhenti merokok ialah “diawali dengan niat dari diri sendiri, olahraga yang teratur, mengganti rokok dengan permen atau Vitamin C dan mengurangi konsumsi rokok secara perlahan” ujar, Dokter Mitra Polres Muba tersebut.

Selain melakukan penyuluhan kepada para tukang ojek, kegiatan tersebut juga disertai dengan pembagian pamflet Bahaya Merokok kepada para tukang ojek, dan mengajak masyarakat untuk berhenti merokok. (Adie S)

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *