Akhirnya Perselisian Sri Diana dan Nurpala Terselesaikan

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera– Perselisihan antara Sridiana dan Nurpala dapat diselesaikan secara kekeluargaan tidak melalui jalur hukum. Kedua warga Ngulak 2 Kecamatan Sanga Desa ini sebelumya terlibat Problem Solving, beruntung pihak Polsek Sanga Desa dapat menyelesaikannya secara baik.

Kapolres Muba Akbp Andes Purwanti melalui Kapolsek Sanga Desa Iptu Muchlis mengataaan bahwa dalam menyelesaian masalah dimasyarakat tidak semua harus melalui proses hukum yang harus berakhir dipengadilan, berdasarkan pertimbangan baik itu secara etika, budaya, aspek hukum, analisa serta rasa keadilan itu sendiri berdasarkan kaca mata sosial yang ada dimasyarakat dapat diselesaikan dengan cara mupakat.

Salah satu fungsi yang ada dikepolisian yang dikedepankan yang dapat berperan membantu penyelesaian masalah yang ada dimasyarakat adalah fungsi Binmas, mengedepankan peran Bhabinkamtibmas Sebagai ujung tombak Kepolisian yang bertugas membantu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat didesa binaannya, terang Kapolsek.

Problem solving yang merupakan satu istilah yang selalu dipergunakan oleh Bhabinkamtibmas dalam setiap menyelesaikan masalah yang ada dimasyarakat, yang mana penyelesaian masalah tersebut merupakan permasalahan ringan (tipiring) seperti halnya Keributan rumah tangga, selisi paham dan lain-lain.

Sama hal nya seperti yang dilakukan Aiptu Matwir dan Briptu Meldi dalam menyelesaikan permasalahan perselisihan yang menyebabkan pemukulan oleh Sri Diana dengan menggunakan tangan kosong sebanyak satu kali terhadap Nurpala pada tanggal 30 April yang lalu sekira pukul 13.00wib.

Dalam menyelesaikan masalah keduanya telah dilakukan mediasi kekeluargaan oleh Aiptu Matwir dan Briptu Meldi dengan melibatkan perangkat desa di kediaman Kadus Ngulak 2 pada hari Sabtu pukul 11.00 wib.

Hasil dari mediasi antara kedua belah pihak lanjut Muchlis telah sepakat untuk berdamai dan kedua belah pihak telah saling memaafkan serta Sri Diana berjanji tidak akan mengulangi kembali perbuatannya.

Muchlis menerangkan bahwa untuk permasalahan yang terjadi antara Sri Diana dan Nurpala telah dilakukan mediasi dan kedua belah pihak sepakat untuk damai dan saling memaafkan, ujar Perwira balok dua di pundak ini. (Adie S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *