Tim Tenaga Ahli Inovasi Potret Desa Kunjungi Desa Sidorejo

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera- Tim tenaga ahli program inovasi Desa, Komindes pusat Ismail Ahmad Yainuri dan di dampingi oleh Hardiansyah tim Provinsi Sumatera Selatan,juga indrawan sebagai kunsultan dari Kabupaten Muba juga seluruh tim dari pusat, provinsi mengunjungi Desa Sidorejo Kecamatan Keluang dalam rangka inovasi potret desa mart. Selasa (24/4), kemarin.

Kepala Desa Sidorejo (A6) Kecamatan Keluang, Pujiono mengatakan kepada media, “Awalnya berdirinya Bumdes mart masyarakat di desa sidorejo untuk memperoleh kebutuhan pokok mesti harus jauh dan membutuhkan biaya yang cukup tinggi, atas dasar dari situ masyarakat desa kami memutuskan untuk membuat mini market yang kami sebut Bumdes mart, dana desa telah membantu masyarakat untuk belanja lebih hemat, itu juga harus melalui peraturan desa yang telah di tetapkan 20% itu yang menjadi pendapatan desa,” jelasnya.

Kedepan kami selaku Kepala desa melalui dana desa 2018 Bumdes Mart akan menjadi pusat grosir terbesar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya.

Sidorerjo adalah salah satu dari desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yangĀ  mayoritas masyarakat kami sebagai petani karet dan sawit, desa kami 150 KM dari Ibu Kota provinsi melalui dana desa 2017 dan program inovasi desa dengan kegiatan mini market yang kami sebut juga Bumdes mart.

“Kami juga mempunyai produk unggulan berupa tepung ubi ungu sebagai bahan baku kue bronis dan makanan lainya,ini di kelola oleh kelompok pemberdayaan perempuan Desa Sidorejo. Dengan adanya program inovasi desa bisa mendorong desa kami untuk inovatif dalam masyarakat Desa Sidorejo,” pungkas Kades.

Senada juga di katakanya direktur Bumdes Mart Sadirun menjelaskan bahwa dirinya terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan pada Bumdes Mart selama ini Bumdes Mart telah memberikan solusi belanja hemat untuk masyarakat juga menampung seluruh produk-produk unggulan Desa Sidorejo dari kelompok masyarakat member card adalah inovasi yang berkembang artinya dengan adanya member card masyarakat mendapatkan diskon dan poin belanja disini dengan menggunakan pelayanan pelanggan sudah mamakai aplikasi retail modern, kini masyarakat juga di mudahkan untuk memenuhi kebutuhan lainya seperti tickenting pulsa, token dan lainnya,” jelasnya. (Sudarmanto/ Doyok).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *