Program BUMDes UPPB Tingkatkan Perekonomian Warga Desa Bukit Jaya

MUBA, Meteorsumatera- Ditengah harga karet yang belum membaik keberadaan tempat unit pengolahan dan pemasaran Bahan olahan Karet ( UPPB) Desa Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Program ini sangat dirasakan dapat membantu petani agar harga karet tidak terlalu anjlok.
Maka dari itu pemerintah melalui program BUMDes untuk membuat UPPB .

Kepala Desa Bukit Jaya Jauhari AMa. Pd. dijumpai media di ruang kerjanya mengatakan,” UPPB dapat menghindari para tengkulak yang selama ini disinyalir menjadi salah satu pihak yang memainkan harga jual getah karet.

Dalam meningkatkan sumber daya perekonomian masyarakat yang ada didesa Bukit Jaya sejumlah 617 KK mayoritas petani karet dan sawit. Kades berharap kedepan melalui program BUMDes ini bisa untuk upaya membantu para petani serta meningkatkan perekonomian masyarakat didesa yang dia pimpin.”harapnya.

Hal senada dikatakan Ketua BUMDes Desa Bukit Jaya Riyadi mengatakan bahwa program ini tentu sangat membantu para petani karet yang ada di Desa kami pak.” Karena desa kami pernah mengeluhkan harga karet yang anjlok waktu itu seharga 8 .800 di bulan 11/2017.dengan ada nya UPPB melalui program BUMDes masyarakat merasa senang karena ada peningkatan harga hingga saat ini harga masih tetap setabil dengan harga rata rata 9000 sampai 9600 Rupiah.

Kami selaku pengurus BUMDes Desa Bukit Jaya Berharap kepada pemerintah agar bisa meningkatkan dan memperjuangkan harga karet petani bisa lebih meningkat lagi.

Warga Rusmanto 32 tahun Dusun 4 Rt 10 mengatakan hasil kami perminggu mencapai 290 kilogram “kami sangat berterimakasih dengan adanya program pemerintah melalui BUMDes di desa kami memang cukup membantu hasil perekonomian kami terutama petani karet, karena harganya cukup tinggi ketimbang di jual melalui tengkulak yang harganya lebih murah daripada UPPB Desa Bukit Jaya.”ungkapnya dengan senyum lepas. (Sudarmanto/Doyok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *