LIPI Siap Dukung Pemkab Muba Bangun Kebun Raya

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera- Kedepan masyarakat Musi Banyuasin (Muba) khususnya warga Sekayu akan memperoleh kebun raya rencananya akan berdampingan Danau Ulak Lia yang terletak di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, Tahun 2019 mendatang akan dikembangkan secara maksimal sebagai lokasi wisata kebun raya. hal tersebut terungkap setelah Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan LIPI Dr Didik Widyatmoko MSc meninjau langsung objek wisata yang memiliki panorama alam yang indah dan alami.

Didik Widyatmoko mengatakan LIPI siap mendukung keinginan Pemkab Muba membangun Kebun raya di danau Ulak Lia sebagai kantongnya konservasi flora dan fauna khas Muba yang lokasinya sangat dengan Kota dan masih alami.

“Kebun raya sebagai tempat konservasi nantinya akan kita isi koleksi yang terdokumentasi dan danaunya kita bisa isi dengan kegiatan aquatik”, terangnya.

ia menjelaskan, sudah ada 32 kebun raya yang berdiri di Pemkab Pemkot dan Pemprov yang tujuan kegiatannya untuk konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan.
“Pariwisata menjadi pilar perekonomian nasional,Jika Kebun raya selesai dibangun tentu akan mendongkrak perekonomian masyarakat dan Danau Ulak Lia akan cantik dengan sendirinya”, ucapnya

Sementara itu Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan Danau Ulak Lia merupakan bagian dari master plan pengembangan potensi wisata di Muba untuk kedepannya, yang mana nanti akan dijadikan pusat wisata. Oleh karenanya, Pemkab telah menyiapkan 20 Hektar lahan untuk pembentukan kebun raya di danau ulak lia.
“Luasnya hutan di Muba membuat kami khawatir tanamannya hilang begitu saja, Jangan sampai anak-anak kita hanya taunya kebun sawit. oleh karna itulah kami menginginkan adanya kebun raya di dekat wisata air Ulak Lia”, ujarnya

ditambahkan Beni, sebagai daerah pelopor pembangunan pertumbuhan hijau (green growth) di Indonesia, Muba sangat memerlukan Konservasi dalam upaya menjaga lingkungan dan hutan.

“kami sangat menyambut baik dukungan dan support dari LIPI untuk menggabungkan danau ulak lia yang memiliki keanekarahaman alam hayati dengan kebun raya,” pungkasnya. (Adie S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *