Gerakan Bakti Sosial Seribu Tetes Darah di Sungai Lilin

MUBA, Meteorsumatera– 24 anggota Auto Club Kecamatan Sungai Lilin mengadakan program Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) pada Rabu (25/4) kemarin.

Kegiatan ini mempunyai program donor darah. Serta mengumpulkan stok darah kemudian stok yang terkumpul akan di serahkan ke RSUD Sekayu.
Pengumpulan stok darah ini bermaksud untuk menumbuhkan rasa solidaritas sosial di kalangan masyarakat.

Oleh karenanya program ini diselenggarakan di pelataran halaman Masjid Agung Darusalam sebagai area masyarakat Sungai Lilin. Dalam kegiatan ini, pihak PMI Kabupaten (Muba) juga turut membantu dalam hal pengadaan alat dan teknis operasional donor darah.

Demikian dikatakan Yayan sebagai ketua program donor darah dari Auto Club Sungai Lilin mengungkapkan kepada wartawan,” Kami sangat senang karena program ini sudah lama kami gadang gadang baru hari ini bisa terlaksana dengan lancar dan tidak ada hambatan.

Acara donor darah berlangsung dari pukul 8.00 pagi hingga pukul 15.00 wib. Jangka waktu ini disesuaikan dengan prosedur kegitan donor darah sendiri yang membutuhkan darah dari pendonor yang belum banyak melakukan aktivitas. Selain itu, para calon pendonor juga diharuskan memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya.

Yang meliputi tensi darah dan berat badan yang ideal, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan haid, tidak berpenyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak sehari sebelumnya. Sesuai dengan kurangnya stok darah, maka donor darah kali ini telah mengambil darah darah A,B,C semua yang mau donor untuk memenuhi stok darah di Muba, ungkapnya.

Sementara itu pendonor darah Rusiti Nurhidayahti 28 tahun dari Desa Sumbar Rezeki (B1) dusun (5) mengatakan kepada media.” Kami sangat bangga bisa mendonorkan darah kami walapun itu cuma setetes pak,tapi kami cukup senang bisa mendonorkan darah kami walapun tidak pernah tahu siapa yang akan menggunakannya.

Menurut camat sungai Lilin yang di wakili sekcam Effendi SH kami sangat mendorong dan memberikan apresiasi kepada Auto club yang sudah berperan dalam melakukan program donor darah yang sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak.kami selaku sekcam sungai Lilin ikut prihatin dengan kurangnya setok darah di PMI Muba 1000 katong pertahun sedangkan yang dibutuhkan 350 kantong pertahun.

Sekcam juga berharap kepada Auto club program kedepan kegiatan donor darah jangan hanya cukup sekali ini saja,justru kedepan ada organisasi organisasi yang lain di kecamatan Sungai Lilin,jangan hanya seperti langkah (MAC) manual Auto Club saja yang mempunyai program donor darah.”harapnya.

Senada dikatakan Lurah Sungai Lilin Khisno Ida wibowo S.kom .Msi .SH ,kami sangat mendukung positif dengan program bakti sosial untuk membantu di bidang kesehatan,karena dari pihak PMI setok darah belum mencukupi kebutuhan di muba dalam hal ini sangat antusias masyarakat untuk mendonorkan darahnya,kedepan kami akan melakukan mengajak seluruh elmem masyarakat maupun pihak lembaga LPM untuk melakukan program donor darah.

Harapan kami program ini harus rutin jangan hanya sekali ini saja paling tidak tiga atau satu bulan sekali di lakukan program donor darah di kecamatan Sungai Lilin. harapnya.

Hadir dalam kegiatan donor darah tersebut Sekcam Sungai Lilin, Kapolsek Sungai Lilin, Lurah Sungai Lilin, Ketua Auto Club Sungai Lilin serta dokter Pukesmas Sungai Lilin dan PMI Kabupaten Muba.

Jumlah yg diperoleh 63 kantong

A 18 kantong
B 19 kantong
Ab 5 kantong
O 21 kantong

(Sudarmanto/ Doyok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *