BKKBN Sungai Lilin Tingkatkan Penyuluhan KB

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera- Penyuluhan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyambut baik dengan tenaga penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di kecamatan Sungai Lilin,Kabupaten Musi Banyuasin.
Sekitar 85 Orang Kader KB dari 2 Kelurahan dan 13 Desa di kecamatan sungai lilin yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk mengikuti penyuluhan KB.17/4/2018.

Ketua BKKBN Kecamatan Sungai Lilin, Drs M Pawit mengatakan kepada wartawan, di bentuknya kelola penyuluh KKBPK menjadi momentum penting dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan tenaga penyuluh KKBPK.

Kedepannya penataan pengelolaan penyuluh KKBPK merupakan hal yang strategis untuk dilakukan, karena merupakan ujung tombak program KKBPK di lapangan, Dengan bertujuan untuk menciptakan dan menyiapkan tenaga profesional dalam melaksanakan kegiatan program KKBPK di lapangan, sekaligus menjadi pelopor penerapan 8 fungsi keluarga serta revolusi mental melalui keluarga.

Kita berharap dengan kader kader yang ada di kelurahan maupun di Desa, mereka semakin kuat,Karena kita jamin program KB kita tidak bergerak sendiri , ini ujian berat buat BKKBN dan tentu buat penyuluh keluarga berencana.” Tutur Ketua BKKBN.

Dalam acara temu kerja penyuluhan BKKBN tingkat kecamatan Sungai Lilin, selasa (17/4/2018).

Sementara itu pencapaian program KB di wilayah kecamatan sungai Lilin sudah mencapai 79,82% Sementara jumlah peserta program KB mencapai 16.104 orang di bulan ini.

Karena keterbatasan penyuluh KB saat ini, hanya 7 pegawai , 6 orang diantaranya PLKB dan 1 orang koordinator, penyuluh KB membina 13 desa dan 2 kelurahan , Idealnya 1 orang penyuluh KB membawahi 2-3 wilayah Desa maupun kelurahan. Di Kecamatan Sungai Lilin terdapat 85 penyuluh KB yang membina 13 desa 2 Kelurahan.” Jelas ketua BKKBN

Drs M. Pawit menambhakan, di tahun 2018 pihaknya optimis dapat meningkatkan jumlah kepesertaan program KB,Meningkatkan partisipasi keluarga,balita, remaja dan lansia, serta kampung KB dan akan memaksimalkan pencapaian program KB.

Dengan adanya penyuluhan KKBPK ini diharapkan mereka semakin kuat dan di tahun 2018 pencapaian program KB dapat dicapai sesuai target yang telah ditentukan,” pungkasnya. (Sudarmanto/Doyok)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *