Ini Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Muba TA 2017

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera- Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi menerima rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atas hasil pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Muba Tahun Anggaran 2017.

Rekomendasi LKPJ ini disampaikan pada serangkaian kegiatan akhir pembahasan LKPJ Bupati Muba TA 2017 dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan I dalam rangka penyampaian laporan panitia-panita khusus DPRD dan penyampaian rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Muba TA 2017, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (5/3/2018).

Wakil Ketua DPRD Muba Edi Hariyanto SH yang membacakan rekomendasi tersebut mengungkapkan LKPJ akhir tahun merupakan progress report dari penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Tujuan dari penyusunan LKPJ akhir tahun adalah untuk memberikan gambaran tingkat keberhasilan dalam melaksanakan kebijakan, program, kegiatan dan efisiensi pengguna anggaran selama satu tahun anggaran,” ujarnya.

Lanjut Edi, DPRD telah mempelajari lkpj Bupati Muba TA 2017. Sampai akhir tahun anggaran 2017 secara umum telah memenuhi target yang telah ditetapkan dalam RKPD, namun tentunya masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan.

Ada beberapa rekomendasi yang berisi catatan strtegis yang ditujukan kepad eksekutif, diantaranya menyarankan agar kebijakan umum Pemkab Muba mengacu pada RPJMD dan visi misi kepala daerah, program yang di buat perangkat daerah harus terukur, terencana, dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Kemudian, peningkatan pendapatan asli daerah, pengelolaan keuangan secara tertib dan sesuai perundangan-undangan, menyerap dana alokasi pusat secara maksimal, peningkatan kualitas ASN, penyelenggaraan tugas pembantuan harus terealisasi dengan baik, dan peningkatan pelayanan kesehatan.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengucapkan terimakasih kepada segenap jajaran DPRD Muba yang telah membantu dalam pembahasan LKPJ Bupati Muba tahun 2017 melalui panitia khusus di DPRD Muba.

“Pemkab Muba selaku penyelenggara administrasi umum pemerintahan, pelaksana pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Pada periode tahun 2017 secara umum telah melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dan bantuan dan seluruh anggota DPRD Muba,” ucapnya.

Plt Bupati Muba menambahkan, sehubungan dengan masukan dan saran yang disampaikan oleh fraksi-fraksi dalam pembahasan LKPJ Bupati Muba TA 2017, Pemkab Muba akan melakukan beberapa hal seperti, mengupayakan peningkatan PAD, peningkatan penyerapan anggaran semaksimal mungkin, peningkatan sektor perekonomian dengan mengajak investor berinvestasi.

Selanjutnya meningkatkan pembinaan kemitraan antara petani kelapa sawit swadaya dengan pabrik pengolah tandan buah segar, serta perbanyak pembentukan unit pengelolahan pemasaran bokar (UPPB) agar harga karet ditingkat petani dapat ditingkatkan.

Kemudian meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah daerah, meningkatkan kualitas listrik yang stabil, serta melakukan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur terutama jalan, jembatan, fasilitas kesehatan dan pendidikan diwilayah yang sulit dijangkau sehingga tercapainya keadilan pembangunan di wilayah Muba. (Adie S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *