Bukit Jaya Sukses Jadi Tuan Rumah Lomba Desa Tingkat Kabupaten

MUBA, Meteorsumatera- Lomba desa diselenggarakan di Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin (Muba) di apresiasi oleh Pemkab Muba hal tersebut dapat dari banyaknya peserta lomba dari berbagai desa dan kelurahan.

Pegelaran yang dilaksanakan dihalaman kantor Desa Bukit Jaya ini  di awali dengan tarian -tarian untuk menyambut tamu tim evaluasi lomba tingkat Desa dan Kelurahan, Kamis (15/3/2018).

Kepala Desa Bukit Jaya Jauhari AMA.Pd dalam laporannya menyampaikan geografi Dldesa secara administratif temasuk dalam wilayah Kecamatan Sungai Lilin berbatasan sebelah Selatan dengan Desa Dawas, sebelah Utara perbatasan Desa Peninggalan sebelah barat perbatasan dengan Desa Peninggalan Tungkal, sebelah timur berbatasan dengan Desa Berlian Makmur kemudian lanjut Kades luas wilayah desa berdasarkan letaknya dari 5 dusun 16 RT dan jumlah penduduk Desa Bukit Jaya dalam perkembangan hingga tahun ini memiliki 600 (KK)

Tentunya tidak sama dengan desa – desa yang lain sebab Desa Bukit Jaya tidak mempunyai bengkok dan luas wilayah yang cukup lumayan disertai letak geografis yang sedemikian rupa maka harap dimaksumi.

Harapan kami dengan adanya lomba Desa ini menjadi Pemicu kemajuan Desa kami yang tercinta ini.”paparnya.

Sementara itu Camat Sungai Lilin Drs H Alamsyah Rianda M.H menjelaskan bahwa desa memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembangunan kemudian desa memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan untuk memajukan pembangunan di desa, tukasnya.

Desa Bukit Jaya ini lanjut mantan Camat Bayung Lincir ini  Desa Bukit Jaya memiliki aneka ragam potensi yang bisa dikembangkan termasuk bidang seni, perikanan, peternakan dan perkebunan yang tentunya dapat menjadi representasi dari inovasi yang dilakukan desa dan bisa menjadi contoh bagi desa lainnya yang ada di Muba.

Desa Bukit Jaya ini merupakan salah satu desa yang direkomendasikan untuk mengikuti lomba Desa di Tingkat Kabupaten.

Mudah-mudahan ini adalah do’a kita semua, Desa Bukit Jaya bisa berhasil di Tingkat Kabupaten Muba dan kedepan memperoleh penilaian menjadi desa terbaik serta menjadi juara di Tingkat Provinsi Sumsel bahkan tingkat Nasional.

Tim penilaian evaluasi desa Kabupaten Muba Drs.salim SE.SKM.M.Kes menyampaikan Indikator penilaian lomba Desa tercermin dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 bahwa indikator penilaian meliputi pemerintahan, masyarakat dan wilayah. Tentunya hal itu menjadi pedoman bagi 230 desa di Kabupaten Muba, agar dapat meningkatkan pelayanan publik sebagai parameter keberhasilan desa tersebut.

Hal tersebut dipertegas pula oleh Tim Penilaian Kabupaten Muba Drs Salim SKM.M.Kes menyampaikan bahwa Proses penilaian lomba Desa ini melibatkan seluruh unsur masyarakat desa baik pemerintah maupun non pemerintah disetiap tingkatan, guna memperlihatkan sinergitas satu sama lain,” ujarnya.

Selanjutnya tim evaluasi Muba menekankan namun yang terpenting terobosan atau inovasi oleh desa dalam rangka pemecahan permasalahan yang dihadapi. Hal itu sejalan pula dengan apa yang disampaikan oleh kepala desa Bukit Jaya, inovasi yang sudah dilakukan oleh Desa Bukit Jaya .

Melalui perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Muba ini dapat melahirkan sebuah terobosan atau inovasi yang baik oleh desa bagi peningkatan pelayanan publik, Sehingga dapat mensejahterakan seluruh masyarakat kususnya di Bumi Serasan Sekate ini, tegasnya.

Pada kesempatan ini di hadiri Dinkes  Muba, Dinas peternakan dan perikanan klMuba, BPMPD Muba sekaligus Ketua Rombongan Tim Penilai Lomba Desa, Camat Sungai Lilin, Kapolsek Sungai Lilin, Danramil Sungai Lilin, TP PKK Kecamatan Sungai Lilin dan seluruh kepala desa se kecamatan sungai lilin. (Sudarmanto/Doyok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *