Jembatan Rimbo Rakit Berlubang, Lalulintas Macet Total

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera- Kemacetan panjang terjadi di ruas Jalan Palembang -jambi tepatnya di jembatan Rimbo Rakit Desa Sukamaju Kecamatan Babat supat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Rabu (21/2) kemarin dari pukul 16.00 Wib hingga Pukul 21.30 Wib kemacetan panjang berhasil diatasi, kemacetannya dilatari sambungan jembatan ada lubang besar yang mengangah membuat kendaraan Roda empat Fuso Hino 500 B 9445 WX kandas terperosok ke lubang tersebut, akibatnya As bagian belakang patah.
Informasi diperoleh dari warga setempat, kondisi bagian sambungan jembatan Rimbo Rakit yang berlubang itu sudah berlangsung cukup lama dan pernah ditangani oleh instansi terkait. Seharusnya hal-hal seperti ini menjadi perhatian dari instansi terkait untuk kelancaran arus Laluntas .

“Saya berangkat dari jambi Rabu siang ,ternyata di jembatan Rimbo Rakit macet kendaraan antrean hingga 8 Km, baik arah Jambi menuju ke arah Palembang, seorang pengguna jalan, Rahmat menyalahi pemerintah membiarkan kondisi jalan dan menyesengsarakan masyarakat seakan akan pemerintah tak perduli dengan masyarakatnya, demikian dikatakannya dihadapan media saat itu sedang liputan. Kapospol Pos Laka Sukamaju Brigadir Z Samosir saat dikofirmasikan Rabu (21/02 ) menyebutkan kondisi lubang menganga yang panjang sekitar 6 meter lebar 40 centimeter di bagian patahan jembatan Rimbo Rakit itu, cukup menggangu pengguna jalan dari ke dua arah.

Menurutnya untuk kendaraan jenis sedan dan sejenisnya, terutama yang datang dari dua arah bila melewati lubang tersebut akan kandas, sehingga pengemudi mobil-mobil itu pun harus sabar menunggu antrean dan hati-hati , sehingga kondisi itu menggangu arus lalu lintas.
Samosir menjelaskan kondisi jalan yang tengah padat dengan para pemudik dari kedua arah itu, malah ada yang enggan mengalah, sehingga semakin memperparah kemacetan. Anggota Kepolisian Lalulintas yang ikut disiagakan di lokasi tersebut, sempat kewalahan yang akhirnya memilih pola buka tutup.

“Kemacetan lumayan parah terjadi dari jam 16.00 wib sampai Jam 21.30 wib kurang lebih sampai 8 Kilo meter Hari ini, (kemarin-red) sudah mulai teratasi. Hal itu pun, karena kami berinisiatif menutup sendiri bagian lubangnya dengan kayu Gelam dan Plate Besi dengan bantuan warga setempat.

Tapi, bagian lubangnya masih ada dan yang kami lakukan itu hanya penangganan sementara,” sebut ” kata Kapos Lantas Samosir ”
Ia pun menaruh harapan persoalan lubang di bagian sambungan jembatan itu pun segera ditangani oleh dinas terkait, sehingga kenyamanan pengguna jalan yang melintas di ruas nasional tersebut tidak terganggu. (Sudarmanto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *