Curi Puluhan Tandan Buah Sawit 3 Sekawan Digelandang

  • Bagikan

MUBA, Meteorsumatera– Afdeling II 566 areal kebun kelapa sawit PTPN VII Desa Teluk Kijing III Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin (Muba) telah terjadi tindak pidana pencurian dan pemberatan, pada Kamis (22/2) sekitar pukul 03.00 Wib di handling tersebut.

Dasar : LP / B – 28 / II / 2018 tanggal  22 Februari 2018.

Kapolres Muba Akbp Rahmat Hakim SIk melalui Kapolsek Lais didampingi Kanit Reskrim Polsek Lais Ipda Novera Enam Eka Putra SH menuturkan kejadian Kamis (22/2) sekitar pukul 03.00 Wib di Afdeling II Blok 566 areal kebun kelapa sawit PTPN VII Batu Desa Teluk Kijing II Kec. Lais, Muba.

Pelaku melakukan tindak pidana pencurian dan pemberatan cara mengambil buah sawit milik perkebunan tersebut dengan cara masuk keareal kebun langsung memanen kemudian buah sawitnya diangkut (dipikul) kemudian ditumpukan dilokasi kebun milik masyarakat seberang kebun tsb kemudian lanjut Kapolsek hasil curian diangkut menggunakan mobil untuk dijual ketempat pembelian buah sawit, akibat kejadian tersebut pihak PTPN VII Betu mengalami kerugian puluhan tandan buah sawit yakni 64 tandan buah kelapa sawit dengan berat 1.810 kg kalau dijual harganya  Rp.3.258.000 dan korban melapor ke Polsek Lais.

Mendapat laporan dari PTPN VII Betu yang dikuasakan pada Fitriadi Bin Maslan, 51 tahun, Sucurity diperusahaan tersebut. Menerima laporan itu jajaran Polsek Lais tanpa buang waktu langsung melakukan penyelidikan hasilnya tiga orang tersangka berhasil digelendang ke Mapolsek Lais.

Mereka adalah Putra Kurnia Aditia Bin Edi Edwar, 28 tahun, tukang tambal ban, alamat Komplek Pom dusun 3 Desa Teluk Kijing III Kec. Lais, Muba, kemudian ujar Kapolsek Peri Apriyansah bin Mahyudin, 23 tahun, mekanik tower smart fren, alamat Dusun III Desa Teluk Kijing III Kec. Lais serta Adi Saputra Bin Marwah, 27 tahun, tani warga Talang Ucin Desa Tanjung Agung Selatan Kec. Lais ikut merasahkan dinginnya jeruji besi Mapolsek Lais. Namun ada tiga orang lagi yang terlibat mereka berhasil melarikan diri sekarang masih dalam pengejaran, tegas Kapolsek.

Selain tiga tersangka aparat berhasil mengamankan 64 tandan buah sawit, 4 lembar kertas potongan ambal.

Kapolsek menjelaskan awal penangkapan Kamis (22/2) sekitar pukul 05.30 Wib tiga sekawan itu berhasil ditangkap, penangkapan para garong ini berkat informasi dari masyarakat kemudian Kanit Reakrim dibantu anggotanya langsung melakukan penggerebakan yang sebelumnya para pencuri ini sudah lama diintai bahwa merekalah pelaku pencurian, tegasnya.

Dengan sigap seolah tanpa memberi ampun bagi siapa saja yang melanggar hukum anggota Polsek Lais ini langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku dan berhasil mengamankan tiga  orang pelaku sedangkan tiga  orang pelaku lainnya berhasil melarikan diri,kemudian anggota melakukan introgasi dan meminta pelaku menunjukan ke lokasi tempat pok/pengumpulan buah kelapa sawit dan benar ditemukan buah kelapa sawit sebanyak 44 tandan yang berada di kebun milik masyarakat yang berseberangan langsung dengan kebun PTPN VII setelah itu dicek kembali ke areal kebun dan ditemukan kembali 20 tandan buah kelapa sawit sehingga buah yang berhasil diamankan sebanyak 64 tandan selain itu juga ditemukan 4 lembar bekas potongan ambal yang digunakan sebagai alat pelindung / alas pada saat memikul buah kelapa sawit ,kemudian guna proses penyelidikan dan penyidikan pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Lais.

Dan akan kita jerat dengan pasal 363 Kuhpidana tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara. (Adie S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *