Banyuasin Breaking News Sosial Budaya

Keluarga Bupati Banyuasin Kurban 9 Sapi, Masjid Alhikmah Megah Asri 2 Kurban 5 Sapi 18 Kambing

Banyuasin, Meteorsumatera

Bupati Banyuasin H Askolani menyerahkan hewan Kurban secara simbolis kepada Ketua Panitia Kurban Masjid Agung Al Amir H Salni Fajar untuk dipotong dan dibagikan kepada warga yang membutuhkan di Kecamatan Banyuasin III. Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha 1441 tersebut berupa 7 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 5 ekor kambing.

Panitia Kurban Masjid Al Amir Dr H Salni Fajar mengatakan kepada media, Jum’at 31 Juli 2020 lalu membenarkan bahwa hewan kurban tersebut berasal dari keluarga Bupati Banyuasin, Sekretaris Dewan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (Dikbud) Banyuasin, Badan Pendapatan Daerah (BPD) Banyuasin, Dinas Keluarga Berencana (KB) Banyuasin, Disbunak Banyuasin, Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuasin, PT Medco serta PT APLS.

Kemudian lanjut Kepala Bagian Kesra Pemkab Banyuasin ini, daging kurban dibagikan kepada masyarakat yang tersebar di beberapa Kelurahan dan Desa di seputar Kecamatan Banyuasin III ini, terangnya.

Namun untuk kurban keluarga besar Bupati Banyuasin H Askolani pada hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini, kurban 9 ekor sapi yang disebar di beberapa Masjid, Pondok Pesantren, Lapas dan kelompok masyarakat. Penyerahan hewan kurban tersebut merupakan wujud kepedulian Pemkab Banyuasin terhadap masyarakat.

” Biasanya jumlah hewan kurban bisa mencapai puluhan untuk Masjid Al Amir dari semua OPD di lingkup Pemkab Banyuasin, namun tahun ini 7 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 5 ekor kambing, jelasnya.

Sementara itu proses pemotongan hewan kurban di Masjid Alhikmah Komplek Megah Asri 2 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dilaksanakan Jum’at 31 Juli 2020 bertepatan Hari Raya Idul Adha 1441 H dihalaman Masjid Alhikmah itu sendiri.

Proses pemotongan hewan kurban dilakukan dengan standar Protokol Kesehatan Covid-19 setiap panitia pemotongan hewan kurban harus memakai masker dan tetap menjaga jarak.

Ketua Masjid Alhikmah Drs Murbawi ketika dijumpai mengatakan bahwa jumlah hewan kurban tahun ini di Masjud Alhikmah berjumlah 5 ekor sapi dan 18 ekor kambing, pelaksanaan peyembelihan hewan kurban dilakukan sehabis Slolat Jum’at dihalaman Masjid Alhikmah sendiri, ucap Drs Murbawi ini.

Berhubung secara lagi musim penyebaran virus corona jadi Jelas Murbawi, Panitia kurban diwajidkan memakai masker dan bagi warga sekitar mau melihat dihimbau agar mencuci tangan pakai sabun yang telah disediakan oleh pengurus Masjid, pakai masker dan jaga jarak.

Memang suasana Idul Adha tahun ini sedikit berbeda dengan perayaan pemotongan kurban ditahun sebelumnya, kalau tahun sebelumnya proses pemotongan hewan kurban biasanya ditonton banyak warga ingin melihat.

Kalau tahun sebelumnya Lanjut Murbawi, panitia kurban sebelumnya membagikan kupon kepada yang berhak menerima dan mereka mengambil sendiri ke tempat pembagian hewan kurban namun sekarang panitia memberikan langsung mendatangi rumah warga yang menerima paket tersebut, Ujar Ketua Masjid Alhikmah tersebut.

Dengan cara demikian Murbawi berharap dapat memutuskan rantai penyebaran virus corona ini, warga tidak berkumpul ditempat pemotongan atau antri untuk mengambil paket daging hewan kurban, mereka cukup duduk dirumah sambil menunggu panitia kurban mendatangi mereka untuk memberikan bingkisan daging hewan kurban tersebut.

Bupati H Askolani mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1441 H untuk seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin khususnya dan umumnya umat muslim Indonesia.

Orang nomor wahid di bumi sedulang setudung tersebut mengharapkan agar momen Idul Adha dipakai untuk meneladani sikap kesabaran hingga ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim.

Perayaan Hari Raya Kurban tahun 2020 kali ini ketika kita sedang diuji dengan pandemi global Covid-19, sehingga Setiap kita harus berkurban dengan mengurangi pertemuan fisik dan perjalanan. Di saat yang sama, kita dituntut untuk lebih peduli kepada sesama dan lebih mendekat kepada keluarga. Semoga ujian pandemi ini segera berlalu, harap Askolani. (Waluyo/Alex)