Breaking News Musi Banyuasin

Nenek Zumiah Berusia 100 Tahun Warga Talang Piase Mendapatkan BLT Dana Desa

MUBA, Meteorsumatera

Senyum sumringah tampak jelas dari raut wajah Nenek Zumiah warga Desa Talang Piase Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis 28 Mei 2020 siang. Nenek Zumiah yang kini menginjak usia 100 tahun lebih tersebut tampak terkejut atas kedatangan Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi yang pada kesempatan itu mengantarkan secara langsung Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sampai ke depan pintu kediamannya.

Meski sudah usia 100 tahun lebih, namun pendengaran dan penglihatan nenek Zumiah masih normal. Ia pun sangat interaktif berkomunikasi dengan Sekda Muba Drs Apriyadi MSi yang saat itu mengobrol didepan pintu rumahnya. “Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan yang diberikan ini. Sangat berguna bagi saya, apalagi saya ini hidup sendirian,” ungkapnya.

Ia merasa bersyukur mendapatkan bantuan yang disalurkan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang saat ini dipimpin Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex. “Bantuan yang diberikan ini bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari, saya sudah tidak kuat lagi untuk mencari nafkah di luar dan beraktifitas, jadi sehari-hari lebih banyak berdiam diri di rumah,” terangnya.

Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan, berdasarkan data tercatat penyerahan BLT Dana Desa ke Talang Piase diperuntukkan bagi 144 KK, bantuan ini merupakan bantuan tahap ke dua II. ”

“ Nah Berdasarkan instruksi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bahwa warga Miskin Muba pastikan harus mendapatkan bantuan masa pandemi Covid-19 dan wajib tepat sasaran. Saya memang sengaja turun ke lapangan untuk membuktikan apakah yang mendapatkan bantuan ini tepat sasaran atau tidak, dan Alhamdulillah saya lihat yang mendapatkan bantuan tepat. Yang dimana dalam penentuan penerimaan bantuan ini telah melalui musyawarah desa,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk penyalurannya pihak Dinas PMD Muba bersama Tim Kecamatan dan Desa setempat memberikan langsung bantuan dana DD dimaksud yaitu door to door yang dapat disaksikan langsung oleh para aparat. Atau dengan Mekanisme kedua melalui rekening bank BRI jadi nanti masyarakat dibuatkan rekening kemudian ke bank untuk melakukan pencairan. Upaya ini dilakukan Untuk menghindari isu-isu negatif dan meminimalisir terjadinya pemotongan atau pungli oleh oknum jelasnya

“Saya juga ucapkan terima kasih Pak camat, Pak Kades dan perangkatnya karena sudah melaksanakan tugasnya dengan baik yang telah menjalankan amanahnya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Muba H Richard Chahyadi, AP, MSi membenarkan untuk yang menerima BLT dana desa di Talang Piase sebanyak 144 KK. “Besar harapannya agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima,” untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari selama masa pandemi ini tandasnya. (Imam/HS)